Cyber Public Relations Strategies to Improve the Positive Image of High Schools

Strategi Cyber Public Relations untuk Meningkatkan Citra Positif Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Adam Amir Uddin Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ferry Adhi Dharma Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/how.v1i2.99

Keywords:

Positive Image, Social Media, Cyber Public Relations

References

M. A. Mahbub, R. Jayawinangun, and D. Amaliasari, “Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit,” J. Ris. Public Relations, no. December 2023, pp. 85–94, 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.2482.

A. Fradito, S. Suti’ah, and M. Muliyadi, “Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah,” Al-Idarah J. Kependidikan Islam, vol. 10, no. 1, pp. 12–22, 2020, doi: 10.24042/alidarah.v10i1.6203.

Amanda, “Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan,” J. Advert., vol. 1, no. 1, pp. 125–135, 2015.

D. A. Rabbani and F. U. Najicha, “Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia,” Researchgate.Net, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2023, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Dana-Rabbani/publication/375525102_Pengaruh_Perkembangan_Teknologi_terhadap_Kehidupan_dan_Interaksi_Sosial_Masyarakat_Indonesia/links/654dcc8dce88b87031d8db65/Pengaruh-Perkembangan-Teknologi-terhadap-Kehidupan-dan-Inte

F. Jafkins, Public Relations: Contemporary issues and techniques. Routledge, 2004.

S. Cutlip and C. A. H. & B. G. M. M., Effective Public Relations, 9th ed. Jakarta: Kencana, 2009.

R. Sulfahmi and M. Hanathasia, “Implementation of Image Management with Cyber Public Relations to Generation Z by Government Organization,” J. Econ. Financ. Manag. Stud., vol. 05, no. 12, pp. 3484–3489, 2022, doi: 10.47191/jefms/v5-i12-05.

S. Aisyah, D. Hidayati, A. B. Santosa, and H. Widodo, “Manajemen Pendidikan Manajemen Pemanfaatan Website dan Instagram Sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Branding Sekolah tersebut untuk meningkatkan branding sekolah . Bentuk digitalisasi yang dapat tulisan , gambar , dan video . Media sosial ini memil,” vol. 19, no. 1, pp. 16–36, 2024.

Y. Savchuk, L. Herasymiuk, and Tarasyuk, “Use of Internet Resources to Form a Positive Image of Modern High School,” Sci. J. "Library, 2023.

G. Aprinta, “Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta,” J. Messenger, vol. 6, no. 1, p. 1, 2016, doi: 10.26623/themessenger.v6i1.161.

L. M. Ganiem and A. Agustina, “Cyber Public Relations Strategies for Enhancing Public Engagement: A Case Study of Koja Hospital Instagram,” Athena J. Soc. Cult. Soc., vol. 1, no. 3, pp. 116–129, 2023, doi: 10.58905/athena.v1i3.104.

D. Novitasari and P. W. Widiarti, “Strategi Cyber Public Relations Humas Polres Purworejo Dalam Mengelola Citra Positif,” Lekt. J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.21831/lektur.v4i1.18507.

M. Fadhli, “Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan,” Contin. Educ. J. Sci. Res., vol. 1, no. 1, pp. 11–23, 2020, doi: 10.51178/ce.v1i1.7.

A. Komsiatun, “Influencer Marketing sebagai Alat Strategis dalam Membangun Citra Perusahaan: Tren dan Tantangan dalam Praktik Public Relations,” J. Ekon., vol. Vol. 12, no. June, 2023.

F. A. Dharma, D. Hariyanto, and F. Muharram, “Construction of Political Identity on Instagram: Unveiling the Kadrun Hashtag Movement in Indonesia’s 2024 Presidential Election,” Acad. Open, vol. 8, no. 2, pp. 1–8, 2023, doi: 10.21070/acopen.8.2023.6922.

Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2006.

J. E. Grunig and T. T. Hunt, Managing Public Relations. New York: CBS College Publishing, 1984.

R. Smith, “The Role of Social Media in Education Recovery Post-COVID-19,” Glob. Educ. Rev., vol. 10, no. 1, pp. 45–6, 2021.

I. Prisgunanto, “Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Sisw,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 2, pp. 101–112, 2015, doi: 10.33299/jpkop.19.2.340.

N. Muhamad, “Media Sosial Jadi Sumber Utama Gen Z dalam Mengakses Berita.” Accessed: Feb. 14, 2025. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/cc9c63b6b015cc3/media-sosial-jadi-sumber-utama-gen-z-dalam-mengakses-berita

SMAMDA Sidoarjo, “Profil Instagram SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.” Accessed: Feb. 17, 2025. [Online]. Available: https://www.instagram.com/smamdasidoarjo/

SMAMDA Sidoarjo, “Profil Tiktok SMAMDA Sidoarjo.” Accessed: Feb. 17, 2025. [Online]. Available: https://www.tiktok.com/@smamda.sidoarjo/

SMAMDA Sidoarjo, “Insight dari Konten Influencer.” [Online]. Available: https://www.instagram.com/reel/C9vtGk3qfzt/?i gsh=MXg1cnZtenhoeGhwZw%3D%3D

SMAMDA Sidoarjo, “Insight dari Konten Endorsement.” [Online]. Available: https://www.instagram.com/reel/C92MD0cvD Q4/?igsh=eG16MDllNHJjMHRv

D. A. Febrianti, R. Kriyantono, and A. Sujoko, “The Effectiveness Of Instagram And Website New Media In The Practice Of Cyber Public Relations At Higher Education Institution In Indonesia,” Sangkep J. Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 6, no. 2, pp. 215–226, 2023, doi: 10.20414/sangkep.v6i2.8980.

M. Indrianaa and D. Hidayatb, “Strategi Public Relations DJ Arie School Mempertahankan Corporate Branding Selama COVID-19,” J. Ilm. LISKI (Lingkar Stud. Komunikasi) Vol, vol. 7, no. 2, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: https://journals.telkomuniversity.ac.id/liski

R. W. Herdiansyah, D. Anugrah, and A. A. Ma’arif, “Pengelolaan Digital Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image@ sma1bantarujeg,” Reput. J. Ilmu Hub. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 23–42, 2023, doi: 10.15575/reputation.v8i1.29852.

Downloads

Published

2025-04-24

Issue

Section

Library Technologies and Innovations