Insights into Collaborative Research on Emerging Media Impact on Consumer Behavior

Wawasan tentang Penelitian Kolaboratif tentang Dampak Media yang Sedang Berkembang terhadap Perilaku Konsumen

Authors

  • Fara Putri Amalia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Puspitasari Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Puspitasari Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Muhammad Rizky Saputra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Totok Wahyu Abadi

Keywords:

Bibliometric analysis, mass media, social media, consumer behavior, collaborative authorship

Abstract

This study conducts a bibliometric analysis from 2010 to 2023 using Crossref data to explore trends in research on mass media and social media's impact on consumer behavior. Analysis using VOSviewer software reveals "media" as the dominant keyword, with emerging interests in topics like misinformation and pandemic-related influences. Collaborative authorship highlights Barnard, Stephen R, and Linder, Andrew M, each contributing significantly. This research underscores current themes and identifies gaps for future studies, emphasizing the evolving dynamics of media's role in shaping public consumption behaviors.

Highlights:

  1. Mapping Trends: Bibliometric analysis of mass and social media's impact trends.
  2. Emerging Topics: Misinformation, pandemic influences in consumer behavior literature.
  3. Authorship Impact: Barnard, Stephen R, and Linder, Andrew M's collaborative contributions highlighted.

Keywords: Bibliometric analysis, mass media, social media, consumer behavior, collaborative authorship

References

A. S. Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia,” J. Publiciana, vol. 9, no. 1, pp. 140–157, 2018.

S. Abdul Hamid, “Pengaruh Media Massa Terhadap Masyarakat,” J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 1, pp. 214–226, 2016.

D. Mustomi and A. Puspasari, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” CERMIN J. Penelit., vol. 4, no. 1, p. 133, 2020, doi: 10.36841/cermin_unars.v4i1.496.

Musanna, “Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala),” Ilm. Mhs. FISIP Unsyiah, vol. 3, no. 2, pp. 224–236, 2016. [Online]. Available: https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/7394

E. Anggraeni and K. Setiaji, “Pengaruh Media Sosial dan Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 1, pp. 172–180, 2018.

M. C. Kodoati and S. T. Maida, “Defisit Kritis Media Massa: Menimbang Kebutuhan Akan Regulasi Diri Media Massa Berdasarkan Pemikiran Jürgen Habermas,” Dialekt. KOMUNIKA J. Kaji. Komun. dan Pembang. Drh., vol. 11, no. 1, pp. 26–41, 2023, doi: 10.33592/dk.v11i1.3534.

S. Amelia, “Pengaruh Media Massa terhadap Gaya Hidup,” Kompasiana.com. Accessed: Nov. 12, 2023. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/shelaameliaakhap5615/64a7d3044addee4d34604ea2/pengaruh-media-massa-terhadap-gaya-hidup

H. Anggraini and R. Masnina, “Hubungan Ketersediaan Buah dan Sayur dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur,” Borneo Student Res., vol. 3, no. 3, pp. 2708–2714, 2022.

B. Santosa, “Peran Media Massa dalam Mencegah Konflik,” J. ASPIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 199–214, 2017. [Online]. Available: http://www.dewanpers.or.id

J. Marpaung, “Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan,” KOPASTA J. Progr. Stud. Bimbing. Konseling, vol. 5, no. 2, pp. 55–64, 2018, doi: 10.33373/kop.v5i2.1521.

J. Indrawan, Efriza, and A. Ilmar, “Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik,” Medium, vol. 8, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.25299/medium.2020.vol8(1).4820.

M. Y. Saragih, “Media Massa dan Jurnalisme: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik,” J. Pemberdaya. Masy., vol. 6, no. 1, p. 12, 2019, doi: 10.37064/jpm.v6i1.4988.

R. Mamdud, “Dakwah Islam di Media Massa,” Al-I’lam J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 3, no. 1, p. 47, 2019, doi: 10.31764/jail.v3i1.1366.

L. Komala, E. Komunikasi, and M. Suatu, “Daftar Pustaka Buku Ardianto, Elvinaro dan Lukiyati Komala Erdinaya.,” 2008.

R. W. Saputra and M. S. Siregar, “Mapping Visualization of Maritime Technology Study in Indonesia with Bibliometric Analysis Using VoSviewer,” J. Pendidik. Multimed., vol. 4, no. 1, pp. 01–12, 2022, doi: 10.17509/edsence.v4i1.47149.

N. Tambunan, “Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 4, no. 1, p. 24, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1475.

H. Khatimah, “Posisi dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat,” Tasamuh, vol. 16, no. 1, pp. 119–138, 2018, doi: 10.20414/tasamuh.v16i1.548.

L. Hanim, “Perlindungan Hukum Bagi Para Pihak Dalam E-Commerce Sebagai Akibat Dari Globalisasi Ekonomi,” J. Pembaharuan Huk., vol. 1, no. 2, p. 191, 2014, doi: 10.26532/jph.v1i2.1476.

W. Respati, “Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia,” Humaniora, vol. 5, no. 1, p. 39, 2014, doi: 10.21512/humaniora.v5i1.2979.

S. L. Triyaningsih, “Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat,” J. Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 2, pp. 172–177, 2011.

R. H. Tyas, L. A. F. Ramadhona, and N. A. A. Zakiya, “Analisis Konsumsi Masyarakat di Jawa Tengah Tahun 2015-2018,” J. Ekon., vol. 12, no. 1, p. 23, 2022, doi: 10.35448/jequ.v12i1.16293.

E. Brilianaza and A. Sudrajat, “Gaya Hidup Remaja Shopaholic dalam Trend Belanja Online di Shopee,” JSSH (J. Sains Sos. dan Humaniora), vol. 6, no. 1, p. 45, 2022, doi: 10.30595/jssh.v6i1.12225.

A. M. Juniar and J. Uci, “Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Ibu-ibu Rumah Tangga di Kota Makassar,” Emik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2021, doi: 10.46918/emik.v4i1.850.

L. Putri, N. Syarweni, and R. Z. Firdaus, “Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19,” Media Ekon., vol. 21, no. 2, p. 51, 2022, doi: 10.30595/medek.v21i2.10980.

F. S. E. and M. S. Adrianto, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi di Indonesia Menggunakan Error Correction Model (ECM) Periode Tahun 1994.1–2005.4,” Media Ekon., vol. 19, no. 1, pp. 3–26, 2017, doi: 10.25105/me.v19i1.832.

A. K. Putri, “Analisis Bibliometrik Pada Pengaruh Berita di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja di Lingkungan Masyarakat,” J. Common, vol. 5, no. 2, pp. 108–117, 2022, doi: 10.34010/common.v5i2.6351.

E. Emiliani, E. W. H. Budianto, and N. D. T. Dewi, “Pemetaan Topik Penelitian seputar Akad Hawalah pada Inklusi Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review,” no. September, pp. 1–16, 2023. [Online]. Available: http://repository.uin-malang.ac.id/15209/

A. Syairah, Zulfah, and Astuti, “Analisis Bibliometrik: STEAM dalam Pembelajaran Matematika Berbasis VOV Viewers,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2023, doi: 10.31004/jerkin.v2i1.86.

S. R. D. Astuti, S. Firdausi, and S. Wahyuni, “Analisis Bibliometrik: Trend Penelitian Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kesadaran Lingkungan pada Pembelajaran IPA,” Scienceedu, pp. 139–149, 2023.

I. Muhammad and D. Juandi, “Model Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama: A Bibliometric Review,” Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 11, no. 1, pp. 74–88, 2023, doi: 10.34312/euler.v11i1.20042.

A. W. Febriani, B. E. Soetjipto, and M. Churiyah, “Systematic Literature Review dan Analisis Bibliometrik Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan,” Ganaya J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 6, no. 3, pp. 539–556, 2023, doi: 10.37329/ganaya.v6i3.2402.

T. Tupan, R. N. Rahayu, R. Rachmawati, and E. S. R. Rahayu, “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi,” Baca J. Dokumentasi Dan Inf., vol. 39, no. 2, p. 135, 2018, doi: 10.14203/j.baca.v39i2.413.

F. Effendy, V. Gaffar, R. Hurriyati, and H. Hendrayati, “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan VOSviewer,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 1, pp. 10–17, 2021, doi: 10.35969/interkom.v16i1.83.

A. Karim, “Analisis Bibliometrik Menggunakan VOSviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan di Google Scholar,” J. Ris. Pendidik. Mat. Jakarta, vol. 3, no. 2, pp. 23–33, 2022, doi: 10.21009/jrpmj.v3i2.22264.

S. Musrifathul, P. S. Wijayanti, and T. R. Herawati, “Kemampuan Literasi Digital Matematis: Analisis Literatur Menggunakan Pendekatan Bibliometri Dengan VOSviewer,” vol. 1, no. 1, pp. 32–38, 2023.

Downloads

Published

2024-06-14

Issue

Section

Library Technologies and Innovations